Selasa, 08 November 2016

Mendownload dan Menginstal mIRC

Menggunakan mIRC
Program chatting yang paling terkenal di Indonesia saat ini adalah mIRC. Hampir semua warnet di Indonesia menggunakan program chatting tersebut sebagai program chatting mereka. Karena itu, pada subbab ini, kita akan membahas chatting dengan menggunakan mIRC.
Mendownload mIRC
Bila kita ingin chatting dengan menggunakan mIRC, maka kita harus menginstall program tersebut di komputer kita. Bila komputer kita belum memiliki program mIRC, kita dapat mendownloadnya terlebih dahulu dari website mIRC (www.mirc.com) secara gratis, baru kemudian menginstallnya.

Langkah-langkah untuk mendownload program mIRC adalah sebagai berikut.
1.Jalankan browser.
2.Di address bar, masukkan alamat website mIRC (www.mirc.com). Website mIRC akan di tampilkan.
3.Carilah teks link untuk mendownload program mIRC, kemudian download program tersebut.
Di website mIRC, selain mendownload program mIRC, kita juga dapat mencari informasi sepuat chatting dengan mIRC.
Menginstall mIRC
Setelah mendownload program mIRC, maka kita dapat menginstall program tersebut. Langkah-langkah untuk menginstall mIRC adalah sebagai berikut.
1.Carilah file installer mIRC yang sudah kita download.
2.Klik dua kali di file tersebut. Kotak dialog installasi akan di tampilkan.
3.Klik tombol Next. Langkah selanjutnya akan di tampilkan.
4.Di kotak dialog persetujuan, klik tombol Yes. Langkah selanjutnya akan di tampilkan.
5.Pada langkah selanjutnya kita di minta menentukan folder di mana program mIRC akan di install. Secara default, mIRC akan di install di C:\Program files\mIRC. Jika kita ingin menginstall di folder lain klik tombol Browse dan temukan folder pengistallan, jika tidak klik tombol install.
6.Proses pengistallan mIRC akan di tampilkan. Tunggu sampai proses pengistallan selesai.
7.Jika proses pengistallan sudah selesai. Klik tombol Finish.
8.Sebuah jendela file-file mIRC akan di tampilkan.
Mengenal jendela mIRC
Bila ditampilkan, jendela mIRC tidak jauh berbeda dengan jendela aplikasi windows lainnya. Jendela mIRC mempunyai menu-menu yang menyimpan perintah-perintah dan tombol-tombol toolbar yang menjadi shortcut perintah-perintah tersebut.
Jendela mIRC mempunyai tiga jendela yang berbeda yang penting kita ketahui, yaitu;
1.Jendela status
Jendela status berfungsi untuk menampilkan berbagai informasi tentang server yang kita gunakan. Jendela status juga menampilkan status koneksi komputer kita dengan server.
2.Jendela channel
Jendela channel berfungsi untuk menampilkan percakapan yang terdapat di channel tersebut. Jendela channel juga menampilkan daftar nama-nama chatter yang tergabung dalam sebuah channel.
3.Jendela chatting
Jendela chatting merupakan tempat kita ngobrol dengan chatter yang lain. Kita mengetik obrolan kita di bawah jendela chatting dan di akhiri dengan menekan tombol enter. Daftar obrolan kita dengan chatter lain akan di tampilkan di bagian atas jendela tersebut.
Menggunakan mIRC
Menjalankan program mIRC dapat kita lakukan dengan cara mengklik shortcut mIRC yang terdapat di desktop computer. Jika shortcut tersebit tidak di tampilkan, kita dapat menjalankan mIRC dari menu start.
Langkah-langkah untuk menjalankan mIRC dengan menggunakan menu start adalah sebagai berikut.
1.    Dari menu start, klik Programs. Cari mIRC, klik mIRC. Jendela mIRC akan di tampilkan.
2.  Bila program mIRC yang kita gunakan belum terdaftar, maka kotak dialog About mIRC akan di tampilkan. Klik tombol Register jika kita ingin mendaftarkan terlebih dahulu, atau klik tombol Continue. Jika kita mengklik tombol Register online now. Kita akan di hubungkan ke pendaftaran online di website www. mIRC.com. Kita akan diminta membayar dengan kartu kredit.
3.  Di kotak dialog mIRC Options, masukkanlah data-data dan nickname yang ingin kita gunakan. Nickname merupakan nama yang akan di tampilkan pada saat kita chatting.
4.  Di kotak daftar Category, klik Servers. Kita akan di minta memilih server chatting yang ingin kita gunakan. Pilihlah DALnet; Random server, kemudian klik tombol Connect to Server.
5.  Tunggu sampai computer kita terhubung ke server yang kita piluh. Status koneksi server dapat kita lihat di jendela status. Kotak dialog mIRC Favorites akan di tampilkan.
6.  Masukkanlah nama channel di kotak teks Enter a channel name and click join, kemudian klik tombol join, atau pilihlah channel di mana kita ingin mencari teman chatting di kotak daftar Or select a channel from the list below, kemudian klik tombol join. Jendela channel yang kita pilih akan di tampilkan.
7.  Di bagian kanan jendela yang di tampilkan, kita dapat melihat daftar nama yang ada di channel tersebut. Pilihlah tsalah satu nama dari daftar nama tersebut, klik dua kali di nama tersebut. Jendela chatting akan di tampilkan.
8.  Di bagian bawah jendela tersebut, ketiklah teks yang ingin kita sampaikan kepada teman chatting kita untuk memulai pembicaraan. Tunggu sampai orang yang kita ajak ngobrol membalasnya.
9.  Kita dapat chatting dengan beberapa orang sekaligus. Masing-masing orang memiliki sendiri jendela di layer monitor kita. Jika kita ingin chatting dengan chatter berikutnya, kita dapat memilihnya lagi di daftar nama yang terdapat di channel. Kita juga dapat chatting di beberapa channel sekaligus.
Program mIRC bersifat shareware. Kita dapat menginstall dan mengunakannya dalam jangka 30 hari. Sebelum masa itu habis, kita harus mendaftar dan membayar biaya pendaftaran. Jika tidak, kita tidak dapat menggunakannya. Bila ternyata setelah 30 hari kita tidak mendaftar dan tidak dapat menggunakan program mIRC tersebut, kita dapat menghapusnya dari computer kita kemudian menginstallnya kembali.
Jika kita tidak ingin menginstall ulang terus menerus, kita dapat mendaftar secara online, membayarnya, kemudian kita akan di berikan user name dan kode register. Setelah itu, kita dapat memasukkan name user dan kode register tersebut. Langkah-langkah untuk melakukannya adalah sebagai berikut.
1.                            Dari menu Help, klik Register. Kotak dialog mIRC Registration akan ditampilkan.
2.                          Masukkanlah nama dan kode register
3.                          klik tombol OK.
Sekali lagi, Internet merupakan sumber informasi yang tidak terbatas. Sebenarnya kita bisa saja mencari kode register tersebut menggunakan mesin dengan cara memasukkan kata pengcarian “serial + mIRC versi yang kita gunakan”. Kita akan menemukan banyak website yang menyediakan informasi semacam ini, tetapi tentu saja ini melanggar UU Hak Cipta.
Mengatur Susunan Jendela mIRC
Setiap orang yang kita ajak vhatting akan mempunyai jendela chatting sendiri. Ini berarti semakin banyak orang yang kita ajak ngobrol, maka akan semakin banyak jendela yang terdapat di jendela mIRC kita. Untuk memudahkan kita melihat setiap jendela chatting yang ada, kita perlu mengatur susunan dari jendela-jendela tersebut.
        Ada dua susunan jendela chatting yang dapat kita pilih: Tile dan Cascade. Langkah-langkah untuk mengatur susunan jendela chatting adalah sebagai berikut.
1.            klik menu Windows.
2.          pilihlah susunan jendela yang kita inginkan.
Mengganti Nickname
Pada saat kita chatting, ada kalanya tiba-tiba nickname kita berubah. Hal ini bisa disebabkan karena ada orang lain menggunakan nickname yang sama, ataupun karena sebab-sebab yang lain, atau ada kalanya kita ingin menggunakan nickname yang lain. Bila hal ini terjadi, kita dapat mengganti nickname kita dengan yang baru. Langkah-langkah untuk melakukannya adalah sebagai berikut.
1.            Klik menu Commands.
2.          Klik Change nick. Kotak dialog Input Request akan di tampilkan.
3.          Masukkan nickname yang baru
4.          Klik tombol OK.
Menggunakan nickname dapat juga di nkukan dengan cara menjalankan perintah/nick. Caranya adalah mengetik perintah/ nick di jendela Channel kemudian di ikuti spasi dan nickname kita yang baru. Misanya nick kiota sebelumnya co_baik dan kita ingin ganti dengan Pejuang_tangguh, maka kita harus mengetik /nick Pejuang_tangguh.
Mengirimkan dan Menerima File
        Kita dapat mengirim file kepada teman chatting kita. Langkah-langkah untuk mengirim file kepada teman chatting kita adalah:
1.Dari menu Tools, klik send file.
2.Di kotak daftar drop-down nick.
3.Di kotak login, cari folder kita menyimpan file.
4.Pilih file yang akan di kirim.
5.Klik tombol send.
6.Kotak dialog proses pengiriman file akan di tampilkan.
7.Klik tombol Close.
        Bila kita menerima kiriman file dari orang lain, maka langkah-langkah yang akan di lakukan adalah:
1.Menerima file akan di tandai dengan munculnya kotak dialog file warning.
2.Jika ingin menerima file, tentukan folder penyimpanan di kotak drop-down save as.
3.Tunggu sampai proses file selesai.
4.Penerimaan selesai.
Berbagai perintah di mIRC
        Beberapa perintah yang sering di gunakan di mIRC adalah;
1./list
Perintah untuk menampilkan channel yang terdapat di mIRC.
2./msg Nickserv Register
Di gunakan untuk mendaftar nickname dalam sebuah channel.
3./whois
Untuk menampilkan informasi chatter tertentu.
4./me
Untuk mengirim pesan kepada semua chatter yang terdapat di channel tertentu.
5./clear
Untuk menghapus semua teks yang ada di jendela percakapan.
6./quit
Untuk keluar dari channel sambil menningalkan pesan.
7./exit

Untuk keluar mIRC.

cara instal mirc dan memakai mirc

langkahinstal:
1. 
download di www.mirc.com 
2.setelah download cari file instaler mirc
3.buka data resebut dan mulai instal jika ada persyaratan klik yes
4.lalu muncul jendela di mana mirc diletakan letakan di tempat favoritmu
5.klik instal dan mulai terlihat progam instal
6.jika sudah selesai klik finish

langkah memakai:
1.klik menu start lalu pilih program pilih mirc
2.jika belum register akan muncul kotak register lalu kamu dihubungkan ke website mirc dan register
3.ok setelah register log in dulu lalu pakai mirc option pilih nickname mu
4.saat memilih server pilih dalnet random
5.klik conect to server
6.pilih chanel panderman lalu kalian terhubung ke panderman chating

Tidak ada komentar:

Posting Komentar