Selasa, 25 Oktober 2016

Cara Membuat Blog Bagi Pemula

Cara Membuat Blog Gratis Sendiri Untuk Blogger Pemula 

 Cara Membuat Blog Gratis di Blogger ~ Bikin blog gratis menggunakan blogger sebenarnya sangatlah mudah. Tetapi bagi pemula yang baru mengenal dan sedang mencari tahu cara membuat blog tentu akan mengalami kesulitan.

Sebuah blog bisa berisi tulisan pengalaman pribadi, curhat, pengetahuan umum, tutorial, puisi, bisnis, toko online atau apa saja yang ditulis menggunakan editor blog kemudian dilakukan publikasi ke internet.

Sebenarnya tujuan utama pembuatan blog adalah berbagi pengetahuan ke khalayak umum melalui media internet tetapi saat ini sudah banyak yang bikin blog untuk mencari uang lewat internet, ber-bisnis bahkan ber-politik.

Oh ya.... Pembahasan artikel cara membuat blog ini sengaja saya gunakan platform gratis dari Google yaitu blogger,  Saya kira untuk pemula yang masih awam akan lebih nyaman menggunakan platform ini yang hingga saat ini masih gratis he he he...

 Sebelum mulai membahas cara membuat blog gratis ada baiknya perhatikan beberapa hal berikut untuk jangka panjang :

1. Tentukan mau membuat blog tentang apa ?

Sebenarnya hal ini bebas-bebas saja terserah Anda mau nulis tentang apapun, Tapi kalau boleh saya sarankan untuk jangka panjang usahakan sebisa mungkin Anda menulis tentang materi yang disukai, sebisa mungkin bukan blog gado-gado dan serius mempelajari blog jika ingin sukses di blog.

Di dunia ini setiap hari selalu ada yang membuat blog baru, apalagi yang namanya artikel pasti lebih banyak lagi. Fakta menunjukkan bahwa lebih dari 2 juta konten diterbitkan setiap hari. Tetapi tidak sampai 50% dari keseluruhan jumlah tersebut dapat mencapai 10000 pengunjung setiap bulan.

Hal tersebut di atas bukan sesuatu yang tidak akan terjadi apabila :

  • Anda membuat topik blog yang tidak jelas
  • Konten tidak menarik / asal-asalan
  • Topik yang ditawarkan tidak diminati pengunjung
  • Topik tidak bermanfaat bagi pengunjung

Untuk sukses di blog tidaklah perlu harus mahir dulu akan sesuatu hal tapi paling tidak Anda harus suka mengenai materi yang akan dibahas agar nantinya tidak terbengkalai hanya dalam tempo beberapa bulan saja. Setelah itu... OFF dan blog tidak terurus lagi. Usahakan pula tidak memilih topik yang mengundang permasalahan dengan hukum (hak cipta), misalnya lagu-lagu , film dan lain-lain.

2. Mengelola blog perlu waktu

Jangan berharap bahwa setelah tahu cara bikin blog lalu buat beberapa artikel terus bisa menjadi sukses dan mendapatkan penghasilan. Mengelola blog perlu waktu yang tidak sedikit...

Ya.. sebuah blog tidak akan bisa eksis dalam pencarian hanya dalam tempo singkat. Blogging perlu waktu, tenaga, fokus dan kesabaran. Terutama bagi Anda yang berniat mencari uang lewat blog harus mengeluarkan energi ekstra lagi.

Saya tidak bermaksud untuk menakut-nakuti Anda. Hanya sekedar berbagi cerita dan pengalaman saja selagi Anda kebetulan sedang membaca artikel cara membuat blog ini.

3. Jangan Copy Paste dari blog lain

Hal yang paling saya tidak suka adalah adanya copy paste dari blogger yang tidak bertanggung jawab. Secara halfiah memang sebuah blog adalah berbagi tetapi bukan berarti bebas untuk dilakukan copy paste.

Itu bisa dikatakan mencuri dengan terang-terangan. Bayangkan bila artikel yang sudah capek-capek Anda tulis lalu dicopy orang lain begitu saja dan dipastekan di blognya yang akan memberikan keburukan terhadap SEO. Saya sungguh sangat-sangat tidak menyarankan Anda berbuat seperti itu...Karena bila hal seperti itu terjadi maka saya yakin tidak akan ada hasil apa - apa sebagai blogger.

4. Jalin Persahabatan Antar Sesama Blogger

Ilmu tidak ada batasnya... sesama blogger akan saling membutuhkan, Dengan menjalin persahabatan antar blogger maka kita dapat saling sharing ilmu, saling sirahturahmi, saling bantu bila ada kesulitan bahkan berbagi backlink he he.

Ok.., Sekarang langsung saja kita pelajari bagaimana cara membuat blog sendiri gratis , perhatikan langkah - langkah nya :

Cara Membuat Blog dari Blogger

1. Buat Email Gmail terlebih dahulu, jika belum tahu caranya, silahkan baca cara membuat email baru gmail Indonesia.

Kenapa harus menggunakan Email Gmail ? Kenapa tidak menggunakan Email Yahoo ? Kita tahu bahwa Blogger dan Gmail adalah sama-sama produk keluaran Google jadi pihaknya mensyaratkan harus menggunakan Email Gmail.

Selain itu sebuah email sangatlah penting, Karena hampir semua produk internet memerlukan email sebagai alat untuk memulainya (login). Misalnya : Facebook, Intagram, Twitter dan lain-lain.

Setelah Anda mempunyai email sebaiknya dicatat kemudian simpan USERNAME dan PASSWORD ditempat yang aman.

Lanjut lagi...

2. Ketik di browser A3. Silahkan isikan EMAIL Anda dan PASSWORD yang sudah dibuat sebelumnya, kemudian tekan ENTER atau klik Sign In. Perhatikan juga huruf-huruf yang digunakan, Karena login sangatlah sensitif, Bila ada 1 huruf saja yang tidak sama persis maka tidak akan bisa login.

4. Akan terbuka layar baru , klik saja kotak bertuliskan "Blog Baru" kemudian tekan ENTER


cara membuat blog sendiri
nda, www.blogger.com kemudian tekan ENTER. Akan terbuka menu baru untuk login ke blogg5. Anda akan memasuki layar baru, silahkan isi JUDUL BLOG, buatlah judul yang sesuai dengan thema blog, upayakan jangan terlalu panjang.er.
 6. Isi alamat blog

Buatlah alamat blog yang tidak terlalu panjang agar mudah mengingatnya, kapasitas yang diijinkan adalah 15 karakter lebih dari itu tidak akan bisa.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar