Senin, 21 November 2016

Memodifikasi Workbook di Microsoft Excel 2010

Biasanya buku kerja (workbook) digunakan untuk merekam informasi aktifitas kerja/finansial dan lain-lain. Misalkan saja merekam informasi distribusi produk yang akan di jual, siapa saja yang akan mengirimkan barang-barang tersebut, dan masih banyak aktifitas lainnya yang harus dimasukan ke dalam buku kerja. Solusinya adalah dengan menggunakan lembar kerja (worksheet) yang biasanya berjumlah 3 lembar kerja (default).
Ketika anda membuat sebuah lembar kerja (worksheet), Excel selalu memberikan nama default dengan nomor yang berbeda seperti Sheet4, Sheet5, Sheet6, dan seterusnya. Anda bisa merubah nama lembar kerja tersebut dengan mengklik ganda lembar kerja tersebut kemudian merubah namanya sesuai dengan yang anda inginkan.

Cara lain bekerja dengan lembar kerja adalah dengan menyalin (kopi) lembar kerja dari buku kerja lain ke buku kerja yang sedang anda kerjakan. Anda bisa menyalinnya dengan mengklik kanan tab lembar kerja yang ingin anda kopi lalu klik Move or Copy untuk menampilkan kotak dialog Move or Copy.
Tips: Dengan memberi centang pada Create a copy anda membuat salinan lembar kerja baru yang sama dengan yang ingin anda pindahkan. Jadi anda tidak perlu khawatir apabila anda masih memerlukan lembar kerja lama anda.

Setelah lembar kerja yang anda inginkan sudah ada di dalam buku kerja, anda bisa memindah-mindahkan lembar kerja tersebut dengan cara menyeret (drag) lembar kerja ke lokasi yang diinginkan. Untuk menghapus lembar kerja dari tab tanpa harus benar-benar menghapusnya (dengan kata lain disembunyikan, anda bisa menyembunyikannya dengan mengklik kanan lembar kerja tersebut kemudian memilih Hide. Untuk menampilkannya kembali klik kanan lembar kerja mana saja kemudian pilih menu Unhide, pada kotak dialog Unhide klik nama lembar kerja yang ingin ditampilkan kemudian klik Ok.

Ada kalanya lembar kerja yang anda buat begitu banyak dan sulit untuk di cari jika tidak dikelompokkan. Salah satu caranya adalah dengan merubah warna lembar kerja tersebut. Caranya dengan mengklik kanan lembar kerja yang ingin di ubah warnanya, pilih Tab Color kemudian pilih warna yang anda inginkan.

Untuk menghapus permanen lembar kerja yang anda buat, klik kanan lembar kerja yang di tuju kemudian pilih Delete.

Regards

Tidak ada komentar:

Posting Komentar